var id = "05b1456ab95dbec859677a8c127b66fd7d4b0c4e"; class="post-template-default single single-post postid-69 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

5 Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak, Ibu Muda Harus Tahu!

            Anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan terkadang sangat rentang terserang penyakit. Batuk dan pilek adalah gangguan yang sering dialami oleh anak-anak. Penyakit ini biasanya terjadi karena makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak. Sebagai orang tua, mengetahui cara mengatasi batuk pilek pada anak tentu sangat penting. Selain dengan cara alami, beli obat di aplikasi obat apps terkadang diperlukan agar batuk pilek cepat sembuh.

aplikasi obat apps

Cara Mudah Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

            Apabila anak-anak yang mengalami batuk pilek masih memiliki gejala yang ringan atau baru berlangsung satu hari, maka pengobatannya pun masih mudah dilakukan. Namun, jika batuk pilek sudah berlangsung cukup lama, maka disarankan untuk beli obat khusus batuk pilek yang banyak dijual di pasaran atau apotek terdekat. Langkah-langkah berikut bisa dicoba untuk meringankan gejala batuk pilek yang dialami anak-anak :

1. Memperbanyak Cairan Tubuh

            Cara pertama yang penting untuk dilakukan untuk mengatasi batuk pilek pada anak yaitu dengan memperbanyak cairan tubuh. Berikan lebih banyak cairan daripada biasanya jika anak sedang batuk pilek. Cara ini bertujuan untuk mengencerkan lendir dan agar lendir lebih mudah dikeluarkan.

            Tidak hanya memperbanyak cairan tubuh dengan minum air, berikan juga jus, susu atau smoothie pada anak-anak yang sedang batuk pilek. Makanan lain yang bisa membuat tubuh anak menjadi lebih baik bisa diberikan seperti sup ayam. Sedangkan bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 6 bulan yang mengalami batuk pilek, ASI dan susu formula adalah obat terbaik bagi mereka. Hindari pemberian jus atau air putih.

2.  Memberikan Sedikit Madu

            Anak-anak yang sedang mengalami batuk pilek bisa diatasi dengan madu untuk meredakan rasa tidak enak di tenggorokan. Daripada beli obat batuk, madu bisa memberikan efek lebih baik. Berikan setengah sendok teh madu sebelum anak tidur. Tetapi yang harus diperhatikan adalah sebaiknya tidak memberikan madu pada anak-anak yang masih berusia di bawah satu tahun karena bisa membuat lebih sakit daripada sebelumnya.

3. Meninggikan Kepala Anak Saat Tidur

            Cara untuk mengatasi batuk pilek pada anak selanjutnya yaitu dengan meninggikan kepala anak ketika tidur. Cara ini bisa membantu agar anak bisa bernafas lebih baik ketika tidur. Tumpuk beberapa bantal di kepalanya saat tidur. Dengan begitu, meskipun sedang pilek, anak-anak bisa lebih lega saat bernafas.

4. Menggunakan Humidifier (Pelembap Udara)

            Kondisi udara yang lembab bisa membuat anak-anak lebih mudah bernafas. Gunakan pelembab udara seperti humidifier ketika anak-anak tidur agar pernafasan mereka lebih lancar meskipun sedang pilek dan batuk. Ikuti petunjuk penggunaan pelembab udara agar hasil yang didapat lebih baik.

5. Menggunakan Balsem Pereda Batuk Pilek Anak

            Gejala batuk pilek bisa diatas dengan mengoleskan balsam khusus bayi dan anak. Pilihlah balsam yang bahan dasarnya terbuat dari bahan-bahan alami misalnyaminyak sage, eucalyptol (minyak kayu putih), chamomile, menthol, camphor. Penggunaan balsem pereda batuk pilek anak sangat membantu untuk meredakan gejala yang terjadi. Cara ini juga tergolong efektif dan cepat untuk menyembuhkan batuk pilek yang dialami oleh anak-anak.

            Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu cukup oleskan dan pijat lembut pada bagian sekitar leher, punggung dan dada dengan balsem pereda batuk pilek. Saat memijat dengan balsem pereda anak, anak-anak bisa diposisikan dengan kepala lebih rendah dari tubuh. Cara ini cukup efektif untuk meredakan keluhan hidung tersumbat karena pilek dan tubuh akan terasa lebih hangat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>